Selasa, 02 April 2013
KIAT-KIAT SUKSES MENJADI PENDIDIK SEBAYA
KIAT-KIAT SUKSES MENJADI PENDIDIK SEBAYA
SYARAT PENDIDIK SEBAYA
Remaja yang aktif dalam kegiatan social di lingkungannya. Misalnya ; Karang Taruna, OSIS, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Keorganisasiaan Kepemudaan, dan Organisasi Keagamaan Pemuda.
TUGAS PENDIDIK SEBAYA
***Melakukan penyuluhan kepada remaja, pendidik sebaya harus memperhatikan hal-hal:
1. Menggunakan bahasa yang sama sehingga informasi mudah dipahami oleh sebayanya.
2. Teman sebaya mudah untuk mengemukakan pikiran dan perasaannya dihadapan pendidk sebaya.
3. Pesan-pesan sensitif dapat disampaikan secara lebih terbuka dan santai
4. Pendidik sebaya berminat menyebarluaskan informasi, memiliki cirri-ciri kepribadian yang ramah, lancar dalam mengemukakan pendapat, luwes dalam pergaulan, berinisiatif dan kreatif, tidak mudah tersinggung, terbuka untuk hal-hal baru, mau belajar serta senang menolong.
URAIAN TUGAS PENDIDK SEBAYA
1. Menyampaikan informasi subtansi program
2. Melaksanakan advokasi dan KIE tentang KIE tentang PIK Remaja
3. Melakukan kegiatan-kegiatan yang menarik minat raemaja untuk datang ke PIK Remaja
***KETERAMPILAN YANG PERLU DIMILIKI PENDIDIK SEBAYA ADALAH KETERAMPILAN KOMUNIKASI INTERNASIONAL YANG BERCIRIKAN :
1. Komunikasi Dua Arah
Komunikasi dua arah memungkinkan kedua belah pihak sama-sama berkesempatan untuk mengajukan pertanyaan, pendapat dan persaan.
2. Komunikasi Verbal Dan Non-Verbal
Komunikasi verbal adalah bentuk komunikasi dengan menggunakan kata-kata,
Komunikasi non-verbal adlah komunikasi yang tampil dalam nentuk nada, suara, eksfresi wajah dan gerakan anggota tubuh lainnya, seperti kontak mata dengan lawan bicara, menggunakan nada suara yang ramah dan bersahabat.
PENGETAHUAN YANG PERLU DIMILIKI PENDIDIK SEBAYA
a. Pengetahuan tentang program yang didalamnya memiliki subtansi 8 fungsi keluarga, pendewasaan usia perkawinan, Triad KRR (seksualitas,HIV/AIDS, Napza) dan life skills
b. Pengetahuan umum mengenai hokum, agama dan isu terkini lainnya
CARA BERTANYA
1. Pertanyaan Tertutup
- Pertanyaan yang memerlukan jawaban yang singkat, bisa dijawab dengan “YA” dan “TIDAK”
- Biasanya digunakan diawal pembicaraan untuk menggali informasi dasar
- Tidak memberikan peserta untuk menjelaskan perasaan/pendapatnya
Contoh ; “berapakah usiamu ?”
2. Pertanyaan Terbuka
- Mampu mendorong orang untuk mengekspresikan perasaan dan pikiran
- Bisa memancing jawaban yang panjang
Contoh ; “Apa yang kamu ketahui tentang IMS ?”
#### DALAM MELAKSANAKAN PENDIDIK SEBAYA, MENDENGARKAN EFEKTIF DAPAT DI LAKUKAN DENGAN CARA, ANTARA LAIN ;;;
· Menunjukkan minat mendengar
· Memandang lawan bicara
· Tidak memotong pembicaraan
· Menunjukkan perhatian dengan cara bertanya
· Mendorong teman sebaya untuk terus bicara, baik dengan komentar kecil atau ekspresi wajah tertentu.
_*_ PENYELENGGARAAN PENYULUHAN OLEH PENDIDIK SEBAYA J
1. Jumlah ideal remaja maksimal 12 peserta
2. Pendidk sebaya mencari teman sebaya yang berminat terhadap kesehatan reproduksi
3. Pertemuan minimal 8 kali, antara 2-2,5 jam
4. Penyuluhan diberikan oleh 2 orang pendidik sebaya, satu menyampaikan dan memandu diskusi, dan satunya mencatat pertanyaan, DLL.
5. Pendidik sebaya memulai acara dengan cara menyampaikan materi selama tidak lebih dari setengah,dan selebihnya untuk diskusi
6. Bila ada pertanyaan yang susah dijawab, jawaban bisa ditunda untuk ditanyakan kepada yang lebih ahli, bisa dokter, tokoh masyarakat, tokoh agama, DLL
7. Topic-topik yang perlu dibahas antara lain :
a. 8 fungsi keluarga
b. Pendewasaan usia perkawinan
c. Triad KRR
d. Life skills
_*_ HAL-HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN OLEH
PENDIDIK SEBAYA SEBELUM PENYULUHAN, ADALAH
SEBAGAI BERIKUT ::
1. Kesiapan Pribadi
a. Membaca materi yang akan disampaikan
b. Cari informasi mengenai peserta penyuluhan
c. Bahasa dan alat bantu yang akan digunakan perlu disesuaikan dengan keadaan peserta penyuluhan
d. Rencanakan skenario alokasi waktu daan melatih diri untuk kegiatan ceramah
KIAT-KIAT SUKSES MENJADI
PENDIDIK SEBAYA
1. Mau terus belajar dan memperluas wawasan
2. Rajin mencari informasi tambahan
3. Menyisihkan humor dalam pemberian materi
4. Kreatif mencari alat bantu untuk menghidupkan suasana pembelajaran
5. Terbuka akan kritik dari peserta
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar